FILOSOFI WANITA


    Ketika kita berbicara mengenai wanita, banyak topik yang menjadi pertanyaan bagi kita, karena terlalu banyak hal-hal yang ingin kita ketahui tentang wanita. Oleh karena itu ,Sebelum kita menginjak hal-hal yang terlampau jauh, saya ingin sedikit menjelaskan tentang apa sihh filosofi  wanita???. Langsung saja, Nihh penjelasannya..
    Wanita merupakan salah satu makhluk ciptaan di bumi ini yang wajib dilindungi oleh kaum pria. Menurut orang-orang dahulu, wanita tidaklah penting mempunyai pendidikan yang tinggi , karena pada zaman dahulu, khusunya orang jawa , wanita di identikan dengan tiga hal , yaitu wanita hanya cukup untuk bisa “MASAK,MACAK,MANAK” dimana tiga hal tersebut setidaknya ada dalam diri wanita.
1.MASAK
Dalam hal ini wanita jawa di wajibkan untuk bisa memasak, karena wanita akan menjadi seorang istri untuk suaminya dan menjadi ibu dari kelurganya nanti.Di samping itu memasak juga merupakan salah satu bentuk perwujudan bentuk kasih sayang seorang istri terhadap suami.  Seorang suami pastilah menginginkan seorang wanita yang mampu melayaninya dengan baik, yakni salah satunya bisa mengolah dan memasak makanan dengan baik, sehingga ia mampu memberikan nutrisi yang sehat bagi suami dan keluarganya kelak.
2.MACAK
Dalam hal ini macak (berhias diri atau bersolek) bukan hanya sekedar merias fisik saja, dan memperindah diri saja, di dalam kata macak juga terkandung makna memperindah rumah tangga dan memperindah batin, agar mempunyai sifat yang sabar , penyayang , dan mampu menjaga rumah tangganya dengan baik.
3.MANAK
Manak adalah melahirkan anak, wanita empunyai kodrat untuk melahirkan anak, dan memperoleh keturunan. Bukan hanya sekedar membuat, mengandung dan melahirkan saja. Namun seorang wanita harus mampu mendidik anaknya untuk menjadi seorang anak yang mempunyai karakteristik yang baik.
Wanita berasal dari bahasa jawa yang artinya wani ditata (berani ditata) , dalam hal ini terdapat ciri adanya tuntutan kepasifan seorang wanita. Sedangkan menurut kamus besar bahasa Indonesia wanita mempunyai arti perempuan dewasa.

Dalam bahasa jawa ada empat bentuk yang digunakan untuk menyebut perempuan
 1.WADON
Wadon berasal dari bahasa kawi wadu yang mempunyai arti abdi atau kawula. Dalam istilah ini diartikan bahwa perempuan di dunia ini di ciptakan sebagai abdi laki-laki. Dalam hal ini khususnya ditujukan kepada seorang perempuan yang sudah menikah,agar ia mampu mengabdi kepada suaminya.
2.WANITA
Wanita ini berasal dari dua bahasa jawa (kerata jawa) yakni wani yang artinya berani dan ditata artinya teratur atau di tata. Artinya wanita harus mampu mengatur keluarganya agar menjadi lebih baik.
3.ESTRI
Estri berasal dari bahasa kawi “Estern” yang artinya penjurung (pendorong), di mana seorang perempuan harus mampu menjadi pendorong untuk laki-laki ataupun pasangannya, agar pasangannya mampu menjadi laki-laki yang lebih baik, seperti kata pepatah bahwa selalu ada wanita hebat di samping lelak yang hebat.
4.PUTRI
Dalam peraadaban tradisional jawa, kata putrid ini sering dibeberkan sebagai akronim dari putus tri perkawis. ang menunjuk kepada purna karya perempuan dalam kedudukannya sebagai putri. Perempuan dituntut untuk merealisasikan tiga kewajiban tiga kewajiban perempuan (tri perkawis). Baik kedudukannya sebagaiwadon,wanita, maupunestri.

    Dengan seiring perkembangan zaman ,lama kelamaan budaya jawa itupun terabaikan. Di zaman modern ini sepertinya telah terjadi pergeseran kedudukan atau relasi gender masyarakat jawa, seperti dengan adanya emansipasi yang disalah artikan oleh banyak wanita sekarang,modernisasi, dan masuknya budaya barat  yang telah menggeser pola relasi gender mengarah kepada persamaan derajat dan kedudukan. menurut teori Darwin mengenai teori manusia purba, wanita juga merupakan golongan homo sapiens, yang mempunyai jenis kelamin dan mempunyai alat reproduksi. Lawan dari wanita adalah laki-laki, selain itu wanita juga merupakan pelengkap bagi laki-laki , karena wanita di ciptakan dari salah satu tulang rusuk laki-laki sehingga apabila lelaki itu menyakiti wanita secara tidak langsung, laki-laki itu juga menyakiti dirinya sendiri. Tulang rusuk mempunyai pernan yang sangat penting bagi hati karena tulang rusuk mempunyai posisi yang letaknya di dekat hati yang berfungsi untuk melindungi hati, hal ini di maksudkan ketika seorang wanita kelak menikah dia akan mampu memberi kekuatan dan mendorong suaminya dalam kegagalan dan melengkapi dengan tulang rusuknya serta melindungi hatinya.
seperti yang telah di sabdakan rasullulloh SAW

Berwasiatlah kalian dengan kebaikan kepada para wanita (para istri)1, karena wanita itu diciptakan dari tulang rusuk…” Dalam satu riwayat: “Wanita itu seperti tulang rusuk….” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)”

    Jadi wanita bukan hanya untuk di tindas ataupun mempunyai status social di bawah laki-laki. wanita pun sebenarnya jauh lebih kuat di bandingkan laki-laki, karena ia mampu menjadi pendidik yang baik dan menjadi seorang pendamping serta penompang untuk keluarganya. Namun sebaik-baiknya wanita pun pasti ada kekurangannya juga, misalnya, kalian tahu kan bentuk tulang rusuk itu seperti apa?? Tulang rusuk mempunyai bentuk lurus pada bagian tengahnya, dan sedikit berbelok pada ujungnya. Wanita pun juga seperti itu, ada juga diantara mereka yang tidak berada di jalan yang lurus, eeittss, sekali lagi tidak semuanya loo….. tulang rusuk mempunyai tekstur yang keras, sehingga apabila ingin meluruskan tulang rusuk itu semakin keras di tekan , maka tulang rusuk itu akan semakin mudah untuk patah. Sama halnya dengan wanita apabila para laki-laki ingin merubah wanitanya menjadi lebih baik, jangan merubahnya melalui cara yang kasar, namun ubahlah dengan kelembutan dan kasih sayang. Kalian harus ingat, bahwa hati wanita sangatlah lembut.



Related Post



Neng & Teteh mengatakan...

Salam kenal dari admin Reportase Guru buat semua pengunjung laman ini.
Reportase Guru Berbagi kabar tentang Dunia Guru, lowongan kerja, tunjangan, pendidikan, Info sekolah, Honorer, Beasiswa serta masih banyak lagi informasi terkini seperti:
Cara Cek Status Inpassing Guru
Panduan Juknis Penulisan Ijazah Lengkap
Faktor Penyebab Gagal Seleksi Tes CPNS
Video Panduan Upload Data Siswa
Cara Kemendikbud Atasi Bencana Kabut Asap
Himbauan Kemendikbud Jelang Pelaksanaan UKG Online
Kemenag Dituduh Asal-asalan Urus Pendidikan Islam Madrasah
Info Sekolah dan Dunia Islam Terkini

Posting Komentar